Bagaimana cara menggambar 2D Garis lurus menggunakan Line dan Polyline di Autocad

AutoCAD adalah singkatan dari Automatic Computer Aided Design. Jadi Autocad merupakan program software yang memang diperuntukan sebagai alat bantu gambar teknik untuk rancang bangun atau design sebuah obyek baik itu 2 dimensi ataupun 3 dimensi.

Mempelajari gambar 2 dimensi sangat penting dalam Autocad, karena gambar-gambar bentuk standard dibentuk dari sebuah gambar 2 dimensi. Bahkan untuk menggambar 3 dimensi, anda harus menggambar bentuk 2D terlebih dahulu kemudian diberikan dimensi tinggi (height). Pada kesempatan kali ini kelaspinter.com akan mengulas tentang teknik dasar cara menggambar garis lurus menggunakan perintah Line dan Polyline.

Line adalah perintah dasar yang paling sering digunakan dalam menggambar Autocad. Mempelajari perintah ini agar anda lebih terbiasa menggunakannya menjadi awal untuk membuat project gambar dengan objek yang lebih rumit.

Pengaturan Batas Gambar dalam AutoCAD

Sebelum memulai project menggambar obyek di AutoCAD, kita tetapkan batas ruang kerja sesuai dengan dimensi gambar yang akan kita buat. Misalkan dimensi gambarnya adalah 500 x 500. Maka kita atur batas ruang kerja kita dengan mengetikan perintah, Limits.

Kemudian muncul Specify lower left corner: ketikkan 0,0. Dan Specify upper right corner: ketikkan 500, 500. Dan tekan Enter.

Kemudian anda bisa ketik Z, Enter untuk Zoom, dan ketik A untuk All dan Enter.

Maka sekarang ruang kerja anda sudah siap. Anda bisa memulai menggambar di autocad dengan perintah dasar Line.

Menggambar Garis Lurus dengan perintah Line

Untuk menggambar garis lurus ada beberapa cara yang bisa digunakan, berikut di bawah ini langkah-langkahnya:

Langkah 1. Gunakan perintah Line. Ada beberapa cara untuk mengakses command Line, yaitu:

Cara 1: Mengklik tombol line di toolbar Draw

Cara 2: Dengan mengetikkan command : Line atau cukup ketik L

Langkah 2. Setelah itu di prompt muncul : LINE Specify first point: Anda bisa memasukkan koordinat absolut, relatif, recatangular, koordinat relatif polar ataupun Object Snap. Atau anda bisa click dimanapun titik yang anda inginkan untuk memulai garis.

Langkah 3. Nyalakan Ortho On agar garis yang anda buat benar-benar lurus. Caranya bisa dengan menekan tombol F8 atau bisa klik tombol simbol Orthomode seperti gambar di bawah.

Langkah 4. Setelah itu muncul Prompt: Specify next point:. Tentukan arah garis apakah horizontal atau vertikal. Kemudian berikan panjang garis yang diinginkan.

Langkah 5. Anda bisa melanjutkan garis ke point selanjutnya dengan menentukan arah dan mengetikkan panjang garis selanjutnya. Atau jika anda sudah selesai, cukup tekan Enter.

Menggambar Garis Lurus miring dengan Koordinat Relatif

Selain cara di atas anda bisa menggambar dengan perintah Line dengan memasukan koordinat relatif.

Pada contoh kedua kali ini kita akan membuat sebuah garis dengan memasukan koordinat relatif dari point awal.

Langkah 1. Ketikkan perintah Line atau cukup ketik L. Di Specify first point: anda ketikkan koordinat misalnya 50,50 tekan Enter.

Langkah 2. Pastikan Ortho mode : On dengan tekan F8

Langkah 3. Kemudian Specify next point: anda ketikkan 200,200 relatif dari titik pertama dan Enter untuk membuat garis miring. Hasilnya sbb:

Menggambar Garis Lurus miring dengan Koordinat Sudut.

Pada contoh ketiga kita akan membuat sebuah garis dengan memasukan koordinat sudut

Langkah 1. Ketikkan perintah Line atau cukup ketik L. Di Specify first point: anda ketikkan koordinat misalnya 200, 50 tekan Enter.

Langkah 2. Pastikan Ortho mode : On dengan tekan F8

Langkah 3. Kemudian Specify next point: anda ketikkan @300<45 kemudian tekan Enter, hasilnya sbb: garis dengan panjang 300 dan sudut 45 derajat.


Menggambar Objek dengan PolyLine.

Polyline adalah garis yang lebih dari satu ruas, namun masih berupa satu objek. Perbedaan kita menggambar Line dan Polyline adalah jika dengan Line garis yang kita buat tidak menyatu dengan garis yang kita buat berikutnya. Dan nantinya untuk kebutuhan penggabungan garis-agaris tersebut harus digabungkan dengan perintah join, group ataupun Region. Sedangkan dengan perintah PL atau Polyline garis yang dibuat sudah terhubung menjadi satu kesatuan dengan garis lainya.

Contoh ketiga ini kita akan membuat objek menggunakan Polyline.

Langkah 1. Ketikkan perintah PLine atau cukup ketik PL. Di Specify first point: anda ketikkan koordinat misalnya 100, 100 tekan Enter.

Langkah 2. Pastikan Ortho mode : On dengan tekan F8

Langkah 3. Kemudian Specify next point: anda ketikkan 300 dengan arah horizontal ke kanan.

Langkah 4. Specify next point: anda ketikkan @-300, @-50. Ini akan membuat garis miring dengan panjang horizontal 300 ke kiri dan 50 ke bawah.

Langkah 5. Specify next point: anda ketikkan Arc dan arahkan ke point awal. Object Snap jangan lupa di On kan. Dan tekan Enter. Hasilnya jadi seperti berikut di bawah.

Demikian tutorial Autocad sederhana menggambar teknik menggunakan perintah Line dan Polyline, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *