Dasar-dasar dan Pengertian Ekonomi Teknik untuk Teknik Industri

Pendahuluan

Ilmu Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan alokasi sumber daya, yang meliputi:

  • Sumber daya alam
  • Sumber daya manusia
  • Sumber daya Teknologi
  • Sumber daya pembiayaan

Insinyur mempertemukan dua bidang yang berlawanan, antara teknik dan ekonomi. Bidang teknik fokus pada produksi dan pelayanan berdasarkan hukum-hukum teknis. Sedangkan nilai kekayaan dari produk dan layanan diukur berdasarkan kreteria ekonomis. (Gerald J. Thuesen& W.J. Fabrycky)

Ilmu ekonomi memberikan dasar dan pengertian bagaimana memenuhi kebutuhan dengan sumberdaya yang terbatas.

  • Studi bagaimana orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan tanpa menggunakan uang untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa depan (Prof. P.A. Samuelson).
  • Ilmu ekonomi menganalisis biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumberdaya (SadonoSukirno).
  • Studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumberdaya yang terbatas (Mankiw).

Pengertian Ekonomi Teknik

Ekonomi Teknik adalah alat untuk menganalisa dan membantu pemecahan suatu permasalahan ekonomis yang dihadapi oleh ahli teknik, dalam rangka pengambilan keputusan

Mengapa Ekonomi Teknik diperlukan ?

Karena sumber daya (manusia, uang, mesin, material) terbatas sedangkan kesempatan sangat beragam.

Keterbatasan dari sumber daya (manusia, material, uang, mesin, kesempatan,dll) membuat munculnya berbagai alternatif. Berbagai alternatif tersebut memerlukan suatu perhitungan eknomi dan proses analisa teknik agar memperoleh pilihan yang terbaik untuk memecahkan berbagai macam masalah yang muncul. Layaknya ketika membandingkan berbagai alternatif rancangan, membuat keputusan dalam investasi modal, mengevaluasi kesempatan finansial dll. Konsekuensi terhadap hasil keputusan biasanya berdampak jauh ke masa yang akan datang, yang konsekuensinya itu tidak bisa diketahui secara pasti , merupakan pengambilan keputusan dibawah ketidakpastian.

Ekonomi teknik merupakan aplikasi dari evaluasi desain dan alternatif solusi engineering.

Peranan ekonomi teknik adalah untuk meninjau kesesuaian dari proyek yang diberikan, memperkirakan nilainya dan menilai dari sudut pandang engineering (American Society for Testing and Materials)

  • Ekonomi teknik berfungsi untuk mengetahui konsekuensi keuangan dari produk, proyek dan proses-proses yang dirancang oleh insinyur dan membantu membuat keputusan rekayasa dengan membuat neraca pengeluaran dan pendapatan yang terjadi sekarang dan yang akan datang – menggunakan konsep “nilai waktu dari uang”. (Eva F.Karamah)
  • Ekonomi teknik melibatkan proses formulasi, estimasi dan evaluasi hasil ekonomi setelah alternatif-alternatif untuk mencapai tujuan tertentu tersedia sehingga dapat dikatakan pula bahwa ekonomi teknik merupakan kumpulan dari teknik perhitungan matematis yang menyederhanakan perbandingan dalam hal ekonomi. (Leland Blank dan Anthony Tarquin)

Sedangkan Engineering(teknik) adalah profesi/disiplin dengan pengetahuan tentang matematika dan ilmu pengetahuan alam yang diperoleh dengan studi, pengalaman, dan praktek dipergunakan dengan bijaksana dalam mengembangkan cara-cara untuk memanfaatkan secara ekonomis bahan-bahan dan kekuatan alam untuk kemanfaatan umat manusia.( The Acreditation Board of Engineering and Technology)

Definisi ini memberikan titik berat aspek–aspek ekonomi teknik pada aspek-aspek fisik.

Disiplin ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi dalam teknik, yang terdiri atas evaluasi sistematis dari biaya-biaya dan manfaat-manfaat usulan proyek teknik. ( E. Paul Degarmo, 1999 ).

Kapan kita menggunakan Ekonomi Teknik:

  • Membandingkan berbagai alternatif rancangan investasi secara ekonomis
  • Membuat keputusan investasi terbaik
  • Mengevaluasi kesempatan finansial, seperti pinjaman dan lainnya

Ekonomi teknik digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berbeda:

Dengan mempelajari Ekonomi Teknik diharapkan seorang engineer dapat mengambil keputusan terbaik dari banyak alternatif yang ada, misalnya:

  • Memberikan masukan Proyek mana yang terbaik untuk diambil?

Contoh, Misalkan dalam sebuah pertambangan atau perminyakan dimana seorang ilmuwan akan memperkirakan mana yang layak untuk dikembangkan, apakah mineral atau minyak yang terkandung di suatu tempat?

  • Proyek mana yang memiliki prioritas lebih tinggi?

Contoh, misalkan seorang ilmuwan akan mengembangkan pabrik yang mana yang memungkinkan untuk dibiayai, padahal dana proyek sangat terbatas?

  • Bagaimana sebuah proyek rekayasa harus dirancang? Has civil or mechanical engineer chosen the best thickness for insulation?
  • Pembangunan Pabrikmengapa sebuah pabrik dibangun? Bagaimana memastikan bahwa investasinya akan mendatangkan pendapatan?, bagaimana menilai pabrik tersebut setelah beberapa tahun berjalan?
  • Pembangunan Bendungan: Bagaimana membangun bendungan dapat memberi manfaat bagi masyarakat?, bagaimana mengetahui dampak ekonomi bagi pemindahan penduduk yang seringkali terjadi dalam proyek banjir.
  • Pada pembangunan jalan: bagaimana mengetahui manfaat pembangunan jalan?, bagaimana mengetahui kelayakan jalan? Lebih manfaat yang mana pembangunan dengan padat karya atau dengan mesin?

Dari beberapa contoh ilustrasi di atas diketahui pada studi keteknikan ilmu ini sering digunakan untuk merancang alternatif-alternatif untuk memecahkan masalah dengan mencoba merumuskan alternatif sebanyak mungkin yang dapat memecahkan masalah.

PRINSIP-PRINSIP EKONOMI TEKNIK

  • Prinsip 1: Mendekati nilai uang lebih berharga daripada menjauhi.
  • Prinsip 2 : Fokus pada perbedaan-perbedaan diantara berbagai alternatif.
  • Prinsip 3 : Penerimaan marginal harus melebihi biaya marginal.
  • Prinsip 4 : Tambahan resiko tidak akan diambil tanpa adanya tambahan return

Prinsip-prinsip pengambilan keputusan investasi

Gunakan suatu ukuran yang umum seperti:

  • Nilai waktu dari uang (time value of money)
  • Nyatakan segala sesuatu dalam bentuk moneter ($ atau Rp)

Apa itu Investasi? Suatu pengeluaran/pengorbanan untuk memperoleh suatu harapan di masa yang akan datang. Unsur Investasi pasti ada risiko dan waktu. Ada 2 macam investasi:

  • Investasi finansial misalnya: obligasi, saham, dll.
  • Investasi aset (nyata) misalnya: pabrik, peralatan produksi, tanah, rumah dll

Langkah-langkah dalam Pengambilan Keputusan Umum, yaitu:

  1. Mengenali permasalahan
  2. Mendefinisikan tujuan
  3. Mengumpulkan data-data yang relevan
  4. Mencari alternatif-2 pemecahan masalah yang layak
  5. Memperkirakan hasil dari setiap alternatif
  6. Memilih alternatif yang terbaik

PENGAMBILAN KEPUTUSAN EKONOMI TEKNIK

  1. Penentuan alternatif-alternatif yang layak
  2. Penentuan horison perencanaan
  3. Mengevaluasi aliran kas (cash flow)
  4. Penentuan MARR (minimum attractive rate of return)
  5. Membandingkan alternatif-alternatif
  6. Memilih alternatif yang terbaik

Permasalahan apakah yang layak di pecahkan oleh analisa ekonomi teknik? 1.Cukup Penting 2.Memerlukan analisa ekonomi yang mendalam 3.Mempunyai aspek ekonomis

Proses pengambilan keputusan terjadi karena:

  • Biasanya setiap proyek / investasi bisa dikerjakan dengan lebih dari satu cara sehingga harus ada proses pemilihan
  • Sumber daya yg tersedia u/ melakukan suatu proyek/investasi terbatas
  • Tidak semua alternatif bisa dikerjakan, namun dipilih yg paling menguntungkan

Contoh Soal 1 : Seorang manajer produksi dihadapkan pada suatu permasalahan dimana ia harus memilih antara dua buah mesin yaitu : mesin A dengan harga 1.500.000 dan biaya operasi pertahun 287.000 dan mesin B dengan harga 2.125.000 dengan biaya operasi pertahun 200.000

Contoh Soal 2 : Seorang manajer harus memutuskan untuk membeli sebuah mesin seharga 100.000.000,- dengan dua alternatif pembayaran :

(1). Bayar penuh sekarang dengan discount 5%

(2). Dicicil dengan metode pembayaran: dibayar 20.000.000 sekarang, 30.000.000 pada akhir tahun pertama, dan masing-masing 17.500.000 pada akhir tahun untuk empat tahun berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *