Gambar Saklar dan apa fungsi Saklar

Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan aliran listrik. Jadi saklar pada dasarnya adalah suatu alat yang dapat atau berfungsi menghubungkan atau pemutus aliran listrik (arus listrik) baik itu pada jaringan arus listrik kuat maupun pada jaringan arus listrik lemah.

Yang membedakan saklar arus listrik kuat dan saklar arus listrik lemah adalah bentuknya kecil jika dipakai untuk alat peralatan elektronika arus lemah, demikian pula sebaliknya, semakin besar saklar yang digunakan jika aliran listrik semakin kuat.

Saklar berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Saklar on off, merupakan saklar yang bekerja menghubungkan arus listrik jika tombolnya ditekan pada posisi on. Untuk memutuskan hubungan arus listrik tombol saklar harus ditekan pada posisi off. Saklar jenis ini biasanya digunakan untuk jenis lampu.
  2. Saklar push on, merupakan saklar yang menghubungkan arus listrik jika tombolnya ditekan pada posisi on dan akan secara otomatis memutus arus listrik, jika tombolnya dilepas dan kembali ke posisi off dengan sendirinya. Biasanya saklar jenis ini digunakan untuk saklar bel rumah tangga.
Saklar On Off
Saklar Push On

Saklar menurut cara operasinya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Saklar yang dioperasikan secara manual

yaitu saklar yang dikontrol dengan tangan, contohnya adalah: Saklar toggle, push button switch, saklar geser, saklar DIP, saklar Rotary, Saklar thumbweel, saklar pemilih (selector), saklar drum

2. Saklar yang dioperasikan secara mekanis

yaitu : saklar yang dikontrol oleh factor-faktor yang secara otomatis misalnya tekanan, posisi dan suhu. Contohnya : Saklar Limit, Saklar mikro, saklar suhu atau thermostat, Saklar Tekanan, Saklar level.

Saklar tombol tekan adalah bentuk yang paling umum dari pengendali manual yang dijumpai di industri. Tombol tekan NO (Normally Open) menyambung rangkaian atau menghubungkan rangkaian ketika tombol ditekan dan kembali pada posisi terbuka ketika tombol dilepas. Tombol tekan NC (Normally Closed) membuka rangkaian apabila tombol ditekan dan kembali pada posisi menutup ketika tombol dilepaskan. Tombol tekan yang membuat lepas digunakan untuk pengendali interlocking. Pada bagian ini, bagian atas adalah NC sedangkan bagian bawah adalah NO. ketika tombol ditekan, kontak bagian bawah tertutup setelah kontak bagian atas terbuka. Apabila mempunyai lebih dari satu tombol, tekan enklasur bersama, maka enklasur itu disebut stasiun tombol tekan. Tombol tekan terdiri dari satu atau lebih blok kontak, alat operator dan pelat keterangan.

Konstruksi tombol tekan NO
Konstruksi tombol tekan NC

Saklar drum terdiri dari seperangkat kontak bergerak yang terpasang dan diisolasi dengan poros berputar.

Saklar juga mempunyai seperangkat kontak diam yang menyambung dan memutus kontak dengan kontak yang bergerak pada waktu motor diputar. Saklar drum digunakan untuk starting dan membalik arah putaran motor-sangkar, motor satu-fase yang dirancang untuk pelayanan pembalikan, dan motor dc shunt dan motor dc compound.

Saklar limit adalah alat pengendali industry yang sangat umum. Saklar limit hanya dirancang untuk beroperasi apabila batas yang sudah ditentukan sebelumnya tercapai, dan saklar-saklar tersebut biasanya diaktifkan kontak dengan objek misalnya cam. Alat tersebut mengganti operator manusia. Saklar-saklar tersebut sering digunakan pada rangkaian pengendali dari mesin yang memproses untuk pengaturan starting, stopping atau pembalikan motor.

Rangkaian pengendali untuk starting dan stopping motor yang searah dan berlawanan dengan arah putaran jarum jam dengan saklar limit yang mempunyai proteksi overtravel.

Saklar mikro adalah saklar “snap-acting” yang ditempatkan pada rumah kecil

Saklar suhu atau thermostat digunakan untuk merasakan perubahan suhu

Pada saklar snap-acting hubungan actual dari rangkaian terjadi pada kecepatan tertentu. Pada saklar snap-acting hubungan actual dari rangkaian terjadi pada kecepatan tertentu.

Meskipun ada beberapa jenis, semua dijalankan dengan perubahan suhu lingkungan tertentu. Saklar suhu membuka atau menutup ketika suhu yang ditentukan tercapai. Pemakaian industri untuk alat ini termasuk mempertahankan rentang suhu yang dikehendaki dari udara, gas, cairan atau benda padat.

Meskipun ada banyak jenisnya, pada dasarnya saklar tekanan dirancang untuk menjalankan (membuka atau menutup) kontak-kontaknya apabila tekanan tertentu tercapai. Saklar tekanan adalah saklar yang dioperasikan dengan udara (secara pneumatic). Umumnya balon atau diafragma menekan saklar mikro dan menyebabkan saklar membuka atau menutup. Saklar tekanan digunakan untuk mengontrol tekanan cairan dan gas

Kenaikan atau penurunan pengapung yang secara mekanis dipasang pada saklar level akan mengait atau menggerakkan saklar level. Saklar level digunakan untuk mengontrol pompa yang menggerakkan motor yang kosong atau mengisi tangki. Saklar level juga digunakan untuk membuka atau menutup kran solenoid pipa untuk mengontrol cairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *