Kepanjangan APD beserta fungsinya

APD adalah singkatan dari Alat Pelindung diri. Tujuan penggunaan alat pelindung diri (APD) adalah untuk melindungi tubuh dari cedera atau bahaya pekerjaan yang dapat menyebabkan kecelakaan akibat kerja dan penyakit akibat kerja. Sehingga penggunaan alat pelindung diri bermanfaat bukan untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri tetapi juga bagi orang di sekelilingnya.

Berikut ini manfaat penggunaan APD.

  1. Mengontrol pajanan suatu sumber bahaya di tempat kerja.
  2. Memberikan suasana kerja yang menunjang rasa aman bagi pekerja. Dengan kondisi lingkungan yang sehat dan nyaman tersebut bisa meminimalisir kelelahan tenaga kerja yang merupakan faktor risiko terjadinya kecelakaan kerja. 

Berikut ini macam-macam APD beserta fungsinya sbb:

  1. Safety helmet berfungsi sebagai pelindung kepala dari benda yang bisa mengenai kepala secara langsung.
  2. Safety belt berfungsi sebagai pelindung diri ketika pekerja bekerja/berada di atas ketinggian.
  3. Safety shoes berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki karena benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia dan sebagainya
  4. Sarung Tangan, berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerja di tempat atau situasi yang dapat mengakibatkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan di sesuaikan dengan fungsi masing-masing pekerjaan.
  5. Masker, berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb).
  6. Kacamata (Safety glasses), berfungsi sebagai pelindung mata ketika bekerja (misalnya mengelas).
  7. Ear Plug, berfungsi sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat yang bising.
  8. Face Shieid, berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja (misal pekerjaan menggerinda).
  9. Wearpack merupakan pakaian khusus yang digunakan para pekerja di lingkungan kerja yang memiliki risiko tinggi. Biasanya pakaian ini menutupi leher sampai mata kaki yang mana bisa mengamankan dan melindungi seluruh bagian tubuh.
  10. Rompi safety. peralatan K3 ini merupakan komponen alat pelindung diri kesehatan bagi pekerja yang biasanya bertugas pada malam hari atau ketika di lokasi kerjanya tidak memadai dalam hal penerangan
  11. Alat Pemadam Api Ringan atau APAR merupakan alat yang dapat mengendalikan api atau memadamkan api dalam skala yang ringan

Pengusaha memiliki tugas mengenai penyediaan dan penggunaan alat pelindung diri (APD) di tempat kerja. APD adalah peralatan yang akan melindungi pengguna dari risiko kesehatan atau keselamatan di tempat kerja. Ini dapat mencakup barang-barang seperti helm pengaman, sarung tangan, pelindung mata, pakaian dengan visibilitas tinggi, alas kaki pengaman, dan tali pengaman. Ini juga termasuk peralatan pelindung pernapasan (RPE).

Mengapa APD penting?

Membuat tempat kerja aman termasuk memberikan instruksi, prosedur, pelatihan, dan pengawasan untuk mendorong orang bekerja dengan aman dan bertanggung jawab. Bahkan di mana kontrol teknik dan sistem kerja yang aman telah diterapkan, beberapa bahaya mungkin tetap ada.

Ini termasuk cedera pada:

  • paru-paru, misalnya dari menghirup udara yang terkontaminasi
  • kepala dan kaki, misalnya dari bahan yang jatuh
  • mata, misalnya dari partikel terbang atau percikan cairan korosif
  • kulit, misalnya dari kontak dengan bahan korosif
  • tubuh, misalnya dari panas atau dingin yang ekstrem

APD diperlukan untuk mengurangi risiko.

Demikian informasi terkait dengan APD semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *